Monday, December 20, 2010

on 4 comments

Cara meransum komboran untuk sapi

Starbio untuk campuran komboran

Kebanyakan peternak sapi mengabaikan makanan tambahan,seperti komboran misalnya. Komboran sangat penting di berikan pada sapi,karena banyak kandungan Nutrisi yang terdapat di dalamnya,itu tentunya di dukung dengan bahan dan cara pembuatannya. Jarang peternak sapi memperhatikan hal tersebut,maka dari itu saya akan memberikan cara bagaimana meransum komboran untuk sapi.

Siapkan ember besar,air sumur,dedak halus ¨katul¨,garam dan starbio.Starbio selain mengandung nutrisi yang cukup tinggi juga menambah nafsu makan pada sapi. Tapi yang lebih unik adalah berpengaruh pada kotorannya,setelah di kasih starbio kotoran sapi jadi tidak terlalu bau,tidak seperti kotoran sapi biasa.

Setelah ember besar,air sumur,dedak halus ¨katul¨,garam,dan starbio sudah tersiapkan semua,kita mulai langkah awal. Pertama siapkan ember besar lalu dedak halus ¨katul¨ di masukan,ukuran 25 liter ari,membutuhkan dedak halus ¨katul¨ 1 kg. Setelah dedak di masukan lalu garam,kurang lebih 2 sendok makan. Sesudah itu lalu star bio di masukan,ukurannya 2 sendok makan. Setelah dedak,garam,dan starbio di masukan kedalam ember besar baru di larutkan dengan air sumur yang sudah di sediakan. Aduk sampai rata dan siap di berikan pada sapi.Pemberian komboran pada sapi sebaiknya 1 hari 2 kali,yaitu pagi dan sore.

Penjelasan tentang starbio :

Starbio merupakan hasil teknologi tinggi yang berisi koloni mikroba rumen sapi yang diisolasi dari alam untuk membantu penguraian struktur jaringan pakan yang sulit terurai. Adapun koloni-koloni mikroba tersebut terdiri dari mikroba yang bersifat proteolitik, lignolitik, selulolitik, lipolitik dan yang bersifat fiksasi nitrogen non simbiotik (Lembah Hijau Multifarm, 1999).

dengan kata lain, starbio adalah feed suplemen yang berfungsi membantu meningkatkan daya cerna pakan dalam lambung ternak. Starbio ini terdiri dari koloni mikrobe 9 ( bakteri fakultatif ) yang berasal dari lambung ternak ruminansia dan dikemas dalam campuran tanah dan akar rumput serta daun-daun yang telah membusuk. Starbio dipasarkan berupa serbuk berwarna coklat.

Penggunaan starbio pada pakan ternak akan menimbulkan karbohidrat, protein dan
lemak yang undigested pada feses akan lebih kecil sehingga lebih banyak energi
yang dibebaskan dan dikonversi ke produksi serta sedikit energi yang hilang dalam
bentuk gas methane.

Manfaat starbio :
1. lebih banyak zat nutrisi yang dapat diurai dan diserap (meningkatkan daya
cerna pakan)
2. kotoran tidak berbau
3. dengan pakan yang sama akan dihasilkan produksi lebih banyak
4. kualitas produksi akan meningkat
5. Kumpulan mikroba yg terdapat dalam starbio akan membantu pencernaan pakan dalam tubuh ternak,membantu penyerapan pakan lebih banyak sehingga pertumbuhan ternak lebih cepat dan produksi dapat meningkat.Hasilnya , FCR ( feed convertion ratio ) atau konversi pakan akan menurun sehingga biaya pakan menjadi lebih murah

Harga : Rp 200.000 / Dus ( 12 kg )
Bagi yang berminat silahkan hubungi : suranto
Alamat : Sumber kulon rt6/3,sumber,trucuk,klaten jawa tengah
Email : anto_toto2000@yahoo.com
No hp : 085643834461

4 comments:

  1. Pak SOERANTO, bagi pengalaman dong, gimana pertama kali merintis peternakan?
    butuh modal berapa? Dsb....
    Saya punya impian memiliki peternakan sapi, pak.
    Makasih pak.

    ReplyDelete
  2. Singgah di blog juragan.,...salam kenal

    ReplyDelete